Thursday, April 30, 2009

Koalisi dan Bagi-bagi Kekuasaan

. Thursday, April 30, 2009

Episode pertama pesta demokrasi di Indonesia telah berlalu meski meninggalkan beberapa kecarut-marutan disana-sini. Disebagian daerah, proses rekapitulasi suara pada PILEG 2009 telah rampung dan CALEG yang telah mendapatkan kursi di gedung dewan telah mengadakan syukuran atas kemenangannya. Melelahkan memang, tapi pelaksanaannya dianggap relatif sukses meski di bebearapa daerah Pemilu mesti diulang.

Setelah PILEG, maka episode dua dari pesta demokrasi Indonesia yaitu PILPRES segera dipersiapkan. KPU sebagai penyelenggara PEMILU telah melakukan persiapan-persiapan menghadapi PILPRES yang dijadwalkan pada bulan Juli 2009. Mulai dari pembenahan kembali DPT PILEG dengan menjadikannya DPS PILPRES dan menghimbau masyarakat untuk mengecek nama mereka sebelum disahkan kembali menjadi DPT PILPRES. Mungkin KPU tidak ingin disalahkan lagi atas kekacauan yang terjadi dengan DPT pada waktu PILEG.


Menyambut PILPRES, tidak hanya KPU yang sibuk sebagai penyelenggara tetapi juga para elit politik kita juga sibuk kesana-kemari, bertemu dan berunding untuk membahas koalisi menyongsong PILPRES 2009. Mengapa koalisi perlu dilakukan? Bukankah masing-masing berhak mengajukan diri menjadi calon presiden? Yups...benar memang, tetapi Undang-Undang Pemilu telah mengatur bahwa yang berhak mengajukan Calon Presiden adalah Partai Politik yang memiliki 20% kursi DPR RI atau 25% perolehan suara nasional Pada pemilu legislatif. Kenyataannya tidak ada satupun PARPOL yang mendapatkan 25% suara pada pemilu legislatif 2009 sehingga memaksa masing-masing parpol harus bergabung (koalisi)agar angka-angka prosentase yang di atur dalam Undang-Undang Pemilu itu tercapai sehingga mereka bisa mengajukan Calon Presiden.

Dalam berkoalisi, masing-masing PARPOL memiliki syarat-sayarat tertentu untuk melakukan koalisi. Biasanya kesamaan visi dan misi adalah yang menjadi sayrat utama berkoalisi. Namun dalam proses menuju koalisi ini, masing-masing parpol tidak bisa lepas dari bagi-bagi kue kekuasaan yang akan mereka bangun jika menjadi pemenang pada PILPRES 2009.



0 Comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com